Aamiin Ya Rabbal Alamin

Aamiin Ya Rabbal Alamin

Aamiin Ya Rabbal Alamin : Arti, Tulisan Arab, Perbedaan dan Keutamaan | Ucapan aamiin ya rabbal alamin ini menjadi yang biasa diucapkan di akhir do’a umat Muslim atau orang Islam.

Kendati sering diucapkan atau di dengar, tidak sedikit pula umat Islam ini sendiri yang tidak mengetahui arti, makna, bahkan tulisan yang benar dari kalimat tersebut.

Dengan fakta tesebutlah, Lampung7news.co.id akan berbagi pengetahuan kepada kalian semua mengenai Aamiin Ya Robbal Alamin secara lengkap. Untuk itu langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Doa?

Berkaitan dengan ucapan di akhir do’a ini, tentu kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang di maksud dengan do’a itu sendiri.

Secara bahasa, do’a ini memiliki makna seruan, maka doa bisa memiliki beberapa arti, yakni; menyeru, memanggil atau mengucap.

Sedangkan secara istilah, do’a sendiri merupakan suatu bentuk permintaan atau permohonan seorang hamba kepada Tuhan nya (Allah SWT) sebagai penguasa Semesta Alam.

Adapun contoh tujuan dari berdoa ini sendiri yakni, meminta pertolongan, meminta ampunan, memohon keselamatan dunia dan akhirat, bahkan menjadi salah satu bentuk rasa syukur seorang hamba kepada Allah Subhana wa ta’ala.

Dengan demikian, tentu do’a menjadi salah satu bentuk ibadah yang akan menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah Azza wa Jalla. Nah, ini sekilas mengenai arti doa.

Aamiin Ya Robbal Alamin

Aamiin Ya Rabbal Alamin

Kalimat Aamiin ya rabbal ‘alamin (آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن) jika diartikan kedalam bahasa Indonesia maka artinya adalah: “Kabulkanlah do’a kami wahai Tuhan Semesta Alam”.

Kalimat tersebut di atas ini menjadi yang biasa diucapkan oleh umat muslim di penghujung do’a yang telah ia panjatkan kepada Allah, Tuhan Semesta Alam.

Meskipun ucapan seperti di atas ini sering kita dengar atau bahkan kita sendiri yang mengucapkannya, kenyataannya banyak dari kita yang belum mengetahui bagaiamana tulisan Arab dan latin serta pengucapannya yang benar.

Setelah kita mengetahui arti dari ucapan tersebut, penting bagi kita sebagai umat Islam untuk mengetahui tulisan Arab dan latinnya.

Mengapa? mmengingat sering terjadinya kekeliruan dalam pengucapannya yang mana hal ini tentu akan merubah makna dari kalimat itu sendiri.

Oleh karena itu, apabila kita ingin menjadikan ‘Aamiin Ya Rabbal Alamin ini sebagai kalimat ucapan di penghujung do’a, maka kita mesti mengucapkan atau melafalkannya dengan benar atau tepat. Simak penjelasannya di bawah ini.

Tulisan Aamiin Ya Rabbal Alamin yang Benar

Mengetahui tulisan Arab dan latin Aamiin ya rabbal alamin pada dasarnya menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan oleh umar Islam.

Mengapa demikian? karena apabila kita keliru dalam pengucapannya dengan kata lain tidak sesuai dengan tulisan dalam bahasa Arab-nya, maka tentu bisa jadi makna dari kalimat ini sendiri akan merubah.

Lalu bagaiaman Tulisan Arab Aamiin ya rabbal alamin yang benar? nah, dibawah ini akan kami beritahukan kepada kalian semua mengenai tulisan arab, latin dan sedikit penjelasan mengenai ucapan ‘aamiin’. Simak penjelasannya berikut ini;

آمِيْن يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ

Aamiin Yaa Robbal ’Aalamiin

Artinya : “Kabulkanlah (do’a kami) wahai Tuhan Semesta Alam”

Dalam mengucapkan kalimat “Aamiin” ini jangan sampai keliru, karena akan sangat merubah arti dari yang kita maksudkan.

Beberapa kata di bawah ini sedikit memiliki persamaan dengan ucapan ‘Aamiin’ namun sangat jauh berbeda jika dilihat dari arti dan maknanya.

  • “Amin” = nyaman/tentram
  • “Aamin” = memohon perlindungan
  • “Amiin” = jujur/terpercaya
  • “Aamiin” = kabulkanlah
  • Meskipun terlihat sedikit perbedaannya, tapi artinya sangat jauh berbeda, bukan? itulah mengapa kita perlu mengetahui tulisan yang benar agar dalam pengucapannya kita tidak salah.

    Perbedaan Aamiin ya rabbal ‘alamin dengan Aamiin Allahumma Aamiin

    Selain Aamiin ya Robbal Alamin, apakah kalian pernah mendengar atau bahkan mengucapkan Aamiin Allahumma Aamiin?

    Kedua kalimat ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yakni bentuk permohonan kepada Allah Subahanahu Wa Ta’ala agar mengabulkan do’a yang telah di panjatkan kepada-Nya.

    Meskipun memiliki tujuan yang sama, namun secara arti kedua kalimat ini memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaannya yang perlu kalian ketahui:

    Tulisan Arab: آمِيْنُ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

    Latin: Aamiin ya rabbal ‘alamin

    Artinya: Kabulkanah doa kami Wahai Tuhan Semesta Alam.

    Tulisan Arab: آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

    Latin: Aamiin Allahumma Aamiin

    Artinya: “Kabulkanlah Ya Allah Kabulkanlah”

    Keutamaan Berdo’a

    Setiap ibadah tentu memiliki manfaat dan keutamaannya sendiri. Seperti yang kita sudah ketahui bahwasannya do’a merupakan bentuk ibadah kita kepada Allah SWT yang tentu memiliki manfaat dan keutamaan yang sangat luar biasa. Berikut ini beberapa keutamaan berdo’a:

    • Sebagai bentuk ketaatan seorang hamba kepada Tuhan nya, karena memang berdo’a menjadi salah satu Ia perintahkann.
    • Do’a adalah inti dari ibadah nya seorang hamba, dengan begitu kita melakukan amalan yang sangat luar biasa.
    • Dengan izin Allah, do’a mampu menolak bala atau terhindar dari bala itu sendiri
    • Allah subhanahu wa’ala senatiasa bersama orang – orang yang memohon (berdo’a) kepada-Nya
    • Dengan izin Allah Azza wa jalla, do’a bisa merubah takdir atau ketetapan Allah kepada kita.

    Nah itulah beberapa manfaat dan keutamaan dari berdo’a. Hikmah yang dapat kita petik dari kita meminta atau memohon kepada Allah dengan cara berdo’a ini sebenarnya tidaklah dapat hitung banyaknya.

    Namun dari sekian banyaknya hikmah – hikmah tersebut, yang paling utama yakni semakin dekatnnya kita kepada Allah, Tuhan Semesta Alam.

    Kata Penutup

    Demikianlah pembahasan kami mengenai Aamiin Ya Rabbal Alamin. Semoga kita selalu mendapat perlindungan dan pertolongan dari Allah, Tuhan yang mengatur kita semua. Terima kasih telah berkunjung ke website kami. Assalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Rate this post