Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Arti Aamiin Allahumma Aamiin – Assalamualaikum warahtullahhi wabarakatuh, kalimat Aamiin Allahuma Aamiin adalah kalimat yang biasa diucapkan oleh kita di setelah berdoa, atau mendengar ucapan yang mengandung doa.

Bismillahirrahmanirrahiim, di kesempatan kali ini Lampung7news.co.id akan membahas tentang Arti Aamiin Allahumma Aamiin. Untuk kamu yang ingin mengetahui tentang arti dari kalimat yang satu ini, maka langsung saja simak ulasan berikut ini

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Arti Aamiin Allahumma Aamiin

Kalimat Aamiin Allahumma Aamiin merupakan kalimat yang memiliki kaitan erat dengan berdo’a kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Hal tersebut bertujuan supaya apa yang kita mohonkan apa yang kita minta kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dikabulkan oleh-Nya.

Tidak ada alasan bagi umat muslim untuk tidak memperbanyak doa pada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dikarenakan banyak sekali keutamaan apabila kita berdoa dan memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Doa juga juga merupakan salah satu bentuk komunikasi antara Allah subhanahu wa ta’ala dengan hamba-Nya. Tidak hanya pada saat Sholat saja kita bisa berdoa tetapi kita juga bisa berdoa dimanapun dan kapanpun.

Tidak hanya ketika meminta atau ketika sedih saja kita berdoa tetapi kita juga harus berdoa, ketika kita merasa bahagia pun kita harus berdoa, yang mana doa tersebut bisa menjadi salah satu bentuk rasa syukur. Dengan begitu maka hati akan merasa lebih tenang dan tentram.

Salah satu kalimat penutup doa ya itu adalah Aamiin Allahumma Aamiin. Berikut ini adalah aksara Arab dan arti dari kalimat Aamiin Allahumma Aamiin.

آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

Aamiin Allahumma Aamiin

Artinya : perkenankanlah ya Allah kabulkanlah pintaku.

Penggunaan kalimat Aamiin Allahumma Aamiin hampir sama dengan penggunaan kalimat Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin. Yang mana kedua kalimat tersebut memiliki makna yang sama yaitu adalah Ya Allah hanya Engkaulah yang mengabulkan doa.

Perbedaan Aamiin Aamiin Allahumma dengan Aamiin Yaa Rabbal Aalamin

Walaupun kalimat Aamiin Aamiin Allahumma memiliki makna yang sama dengan kalimat Aamiin Ya Rabbal Alamin memiliki makna yang, sama tetapi keduanya mempunyai arti yang berbeda.

Berikut ini merupakan perbedaan dari kalimat Aamiin Allahumma Aamiin dengan kalimat Aamiin Ya Rabbal Alamin.

  • Kalimat Aamiin Allahumma Aamiin mempunyai arti yaitu, “Kabulkanlah doa kami Ya Allah Kabulkanlah”
  • Kalimat Aamiin Ya Robbal Alamin, mempunyai arti “Kabulkanlah doa-doa kami Ya Allah, hanya Engkaulah Maha Pengabul Doa”.

Adab Berdoa Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Dalam berdoa ada beberapa adab yang harus di perhatikan sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Berikut ini adalah beberapa adab yang sesuai dengan ajaran Baginda Rasulullah SAW.

  1. Berdoa Dengan Penuh Harap
    Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyukai hamba-Nya yang berdoa dengan penuh harap dan juga rasa takut dengan dosa-dosa yang telah mereka perbuat. Mereka takut dosa-dosa mereka akan menghalangi terkabulnya doa mereka.
  2. Bersungguh-Sungguh
    Allah Subhanu Wa Ta’ala akan mengabulkan setiap doa yang di panjatkan oleh hamba-Nya di waktu yang tepat. Oleh karena itu apabila doa-doamu belum dikabulkan kamu harus bersabar danlebih bersungguh-sungguh lagi dalam berdoa.
  3. Memuji Allah
    Doa merupakan wujud permintaan seorang hamba kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Oleh karena itu apabila kita meminta sesuatu kepada Allah, maka sebaiknya harus dimulai dengan kalimat-kalimat memuji Allah. Misalnya doamu diawali dengan kalimat “Ya Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Manfaat Doa

Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Sheikh Kholid Al-Husainan, doa memiliki beberapa keutamaan. Adapun keutamaan doa adalah sebaai berikut.

  1. Doa merupakan salah satu cara seorang hamba untuk menunjukkan bukti ketaatannya kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  2. Doa dapat bermanfaat sebagai perantara untuk melawan bencana sebelum bencana tersebut terjadi dan dapat juga menjadi di sebuah penyebab terulangnya bencana tersebut apabila terjadi lagi.
  3. Doa adalah salah satu tanda penyerahan diri seorang hamba kepada Allah, saat seseorang berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka sesungguhnya orang tersebut telah menyerahkan segala urusannya kepada Allah.
  4. Hasil dari doa-doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba, telah dijamin oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Yang mana artinya tidak ada doa yang sia-sia atau tidak ada doa yang tak dikabulkan. Hanya saja Allah mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengabulkan doa seorang hamba-Nya.
  5. Doa juga dapat menjauhkan kita dari murka Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan berdoa kepada Allah, kita telah mengakui bahwa kita hanyalah manusia yang tak mempunyai daya dan upaya serta tidak bisa melakukan apapun kecuali dengan izin Allah.
  6. Dengan berdoa, Kita bisa menyadari keterbatasan dan kelemahan yang ada dalam diri kita, karena sesungguhnya kelangsungan hidup seorang manusia bergantung dengan takdir Allah.

Demikianlah ulasan dari lampung7news.co.id tentang Arti Aamiin Allahumma Aamiin. Semoga dengan membaca ulasan ini bisa menyadarkan kita semua tentang pentingnya berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Terimakasih telah mengunjungi website kami dan sampai jumpa.

Rate this post

Aamiin Ya Rabbal Alamin

Samsudin
2 min read